Monday, March 10, 2014

Bakpau isi ayam jamur dan ubi

Lagi suka buat bakpau tapi dengan resep yang berbeda. Hari minggu adalah waktunya nyantai di rumah dan menikmati waktu bersama anak2. Pengen buat bakpau mumpung ada ubi dan juga ayam.
Kali ini menggunakan resep yang berbeda dari kemarin. Sekalian buat cemilan untuk anak2 dan ayah. Pokoknya judulnya try to make homemade food deh.

Bahan I:
250 gr tepung terigu protein sedang
150 ml air
1 sdm ragi instan

Bahan II:
150 gr tepung terigu protein sedang
50 ml air
50 gr gula pasir
5 gr baking powder
garam secukupnya

Isian ayam:
250 gr ayam cincang halus
2 bungkus jamur, cincang kasar.
3 siung bawang putih, cincang halus
2 batang daun bawang, iris halus
Garam
Gula putih
Tumis bawang putih, masukkan daun bawang dan tumis sampai harum. Masukkan ayam cincang dan aduk rata. Tambahkan air secukupnya sampai ayam berubah warna. Masukkan jamur dan aduk sampai rata. Masukkan garam dan bumbu lain. Masak sampai matang dan air menyusut. Tambahkan sagu kira2 1 sdm untuk mengentalkan. Sisihkan.

Isian ubi:
200 gr ubi biasa kukus, haluskan
30 gr gula putih
30 gr margarin
Campur bahan isian ubi jadi satu.

Untuk membuat bakpaunya: Campur bahan I dan diamkan sampai 30 menit. Setelah 30 menit, kempeskan dan masukkan bahan II. Aduk dengan bread maker. Angkat jika adonan sudah kalis. Dan bentuk bulat sebanyak 25-30 gr. Diamkan 30 menit. Beri isian ayam atau ubi, diamkan selama 30 menit. Kukus selama 15-20 menit.

Alhamdulillah untuk bakpau yang ini Rayhan doyan banget sampe habis 3 biji pas baru matang. Tapi doyannya yang isian ayam. Sama kayak ayahnya yang langsung habis 4 biji (tepok jidat).
Alhamdulillah hari ini bakpaunya untuk sangu anak2. Dan sempat dimakan Rayhan di bis dalam perjalanan ke sekolah.

Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment