Monday, April 28, 2014

Rendang Dadakan

Biasanya kalo weekend paling suka ngajak makan di luar. Selain untuk variasi, anak2 mesti bosan di rumah seharian. Jadinya weekend adalah saat yang tepat untuk wisata kuliner.
Seperti hari ini kami pergi ke jejamuran. Berhubung anak2 tertidur dalam perjalanan, jadi terpaksa kita membeli dan dibawa pulang. Berhubung lagi kangen rendang ibu lampung, maka dipesanlah rendang jamur ala jejamuran. Sampai rumah, ternyata porsinya kecil bener.
Ya sudahlah dimakan aja posri segitu. Habis makan kok gemes ya sama nih rendang.
Akhirnya karena anak2 masih pada melek semua, berburulah bunda bumbu dapur di warung. Jujur selama ini masak bumbu andalan adalah duo bawang, gak pernah nyetok bumbu dapur komplit.
Ternyata 2 warung terdekat tutup semua, dalam suasana mendung beralihlah ke warung yang lain. Alhamdulillah ada yang buka juga. Dibelilah bumbu2 untuk buat rendang dadakan ini.
Ya namanya dadakan ya semua bumbu gak lengkaplah ya. Yang penting semangat buat rendang tidak boleh pudar he he... Eh itu baru bumbunya kepikiran gak ada daging atau jamur. Inget punya stok ayam ungkep di freezer. Dimasukin ajalah untuk tambah-tambah rasa ^_^

Prolognya panjang bener... Baiklah ini dia resep rendang dadakan ala bunda nara

Bahan:
6 potong ayam ungkep (jangan ditiru ya)
10 siung bawang merah
7 siung bawang putih
1 ruas jahe
1 ruas lengkuas
5 buah cabe merah (karena untuk konsumsi anak2 juga cabe gak banyak2)
1 bungkus bumbu rendang instan
Garam
Lada
Ketumbar
1500 ml santan (dari 4 bungkus santan instan bumas 95 ml)

Cara membuat:
Haluskan bumbu2 dan tumis sampai harum. Masukkan santan dan masak sampai kental. Kalo dah cukup kental dan sedikit berminyak, masukkan ayam. Masak sampai kekentalan yang diinginkan. Berhubung si ayah sukanya model kalio, jadi dimasak tidak sampai kering2 amat.


Rasanya jangan ditanya ya, puas bisa buat sendiri dan makan sebanyak2nya ^_^. Pokoknya tidak mengecewakan deh.... Oh iya sengaja gak pake kunyit biar warnanya gelap. Soalnya sering nyoba pake kunyit kayaknya warnanya kurang gelap gitu deh. Makanya kali ini nyoba skip kunyitnya. Dan skip bumbu2 yang lain juga. Tapi kalo butuh yang praktis ini bisa dicoba kok, dijamin bisa dimakan juga :D




2 comments:

  1. Wkkwkwk.. kayaknya cocok nih dicoba sama anak kos, :D
    Maknyuss dan simple bikinnya, hihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dicoba Mbak. Saya sesorean buat sambil nyambi momong anak bisa selesai kok. Bumbunya pake feeling aja :)

      Delete