Wednesday, April 30, 2014

Resep ayam goreng tepung

Rayhankun lagi suka ayam goreng krispi. Spesifiknya yang ayam paha. Cuma kesulitannya adalah kadang kalo gak diungkep ayamnya gak bakalan matang sempurna. So, bunda harus pake yang fillet ayamnya. Tapi ayam filet kan susah dicari disini, kudu ngulitin sendiri atau kalo lagi ketemu tukang ayam yang baik hati mau ngulitin dari tulangnya. Kalo di Jepang dulu mah ayamnya paling banyak yang filet, sampai habis ide ngolah ayam.
Beli di supa harga bisa tambah mahal. Kemarin pas liat FB ada resep dari Mak HM di http://akizeyek.blogspot.com/2014/04/hot-wajan-chicken-drum-stick.html, katanya harus direndem cuka biar empuk dan matang ayamnya.
Berhubung kemarin anak2 di rumahkan (bundanya kangen dan anak2 kurang sehat juga), jadi kita bertiga ublek2 dapur. Yang buat bareng anak2 sih donatnya, bunda buat ayamnya pas mereka tidur. Biar pas bangun tidur anak2 siap makan.

Yah daripada kelamaan ini nih resepnya (udah dimodifikasi dengan bahan yang ada)

Bahan:
1/2 kg paha ayam (dibagi 2 soalnya paha ayamnya besar)
2 siung bawang putih (diparut pake parutan keju)
Ketumbar bubuk
Garam
Cuka
Air es (pake es batu, harusnya pake telur tapi mau ngirit telur karena mau buat nugget juga)

Bahan tepung:
3 sdm tepung (pake tepung cakra untuk roti, adanya itu je)
2 sdm tepung beras
2 sdm tepung kanji
chicken powder

Cara Membuat:
Bersihkan ayam dan rendam dalam cuka (kira2 30 menit) dan cuci bersih.
Beri bumbu dan diamkan dalam kulkas (kira2 2 jam-an, nungguin anak2 tidur)
Setelah itu ayam masukkan ke adonan tepung, air es, tepung lagi sambil di remas-remas biar keriting.
Goreng dalam minyak banyak dan panas. Goreng sampai matang.
Karena mau nyetok juga, gorengnya gak sampai coklat2 banget. Jadi nanti kalo mau digoreng lagi gak gosong.
Oh iya disini harusnya pelapisnya pake putih telur. Tapi berhubung ngirit telur untuk buat nugget ayam juga makanya diganti air es, jadi air es plus es batu gitu deh. Katanya itu juga bisa buat ayam krispi. Gak tau deh, ngasal dan ngirit judulnya.

Alhamdulillah pas bunda lagi goreng ayamnya, Rayhankun bangun. Nangis cari ayah, terus bunda ajak goreng ayam. Bunda bilang, Rayhan yuk liat bunda buat ayam goreng McD. Dia langsung berhenti nangis dan habis dia makan satu porsi ayam dengan nasinya.
Lumayan gak kalah lah sama ayam goreng yang beli, dan yokatta ne... dalamnya empuk dan matang sempurna.

Hi hi belum ada gambarnya karena keburu habis dimakan sama Rayhankun dan ayahnya. Nanti kalo goreng lagi mudah2an bisa ada fotonya (masih ada stok di freezer).
Kebetulan nadira kurang suka yang goreng kayak gini. Jadi dia belum bisa menikmati dan masih mencari pola makan yang enak.

No comments:

Post a Comment