Tuesday, April 1, 2014

During a year in Indonesia...

Alhamdulillah, tidak terasa sudah genap setahun kami kembali ke tanah tercinta. Masa adaptasi yang tidak mudah bagi kami sekeluarga. Terutama bagi anak2 yang harus menyesuaikan makanan, lingkungan dll.

Alhamdulillah semuanya sudah punya aktivitas sendiri2. Maksudnya bunda dan ayah sudah aktif mengajar di kampus dan anak2 juga berada di playgroup masing2. Alasan memilih menitipkan anak dibanding mencari orang menjaga melalui proses panjang. Tidak mudah, tapi melihat kondisi yang sepertinya akan lebih baik jika anak dititipkan membuat kami mengambil keputusan ini. Karena dengan membayar seseorang secara pribadi, tentu kita harus melihat siapa yang merawat anak kita. Karena otomatis anak akan seharian bersama2 dengan orang tersebut. Banyak faktor yang membuat kita akhirnya memutuskan untuk lebih baik menitipkan anak. Dan berharap waktu2 di luar itu bisa dimanfaatkan sebaik2nya dengan anak2.

Kerjasama dalam keluarga apalagi tanpa bantuan asisten rumah tangga mutlak diperlukan. Karena otomatis semua pekerjaan rumah menjadi tanggung jawab bersama. Mulai dari memasak, mencuci dan beres2 semua harus dikerjakan sendiri. Tidak mudah memang mengingat semuanya harus dikerjakan sendiri. Tapi bukan tidak mungkin juga kan...

Terbiasa tanpa asisten dalam rumah membuat kami juga lebih mandiri. Pengennya anak2 juga terbiasa dengan kondisi ini. Yang mungkin memakan waktu yang tidak sedikit adalah memasak. Walaupun sibuk di luar, harapannya anak2 tetep dapat menikmati makanan rumah dan tidak terbiasa dengan jajanan di luar entah itu camilan atau makanan besar mereka.

Karena sebaik dan semahal apapun makanan di luar tetep makanan rumah jauh lebih baik dibanding makanan instan. Dan Rayhan dan Nadira mudah2an terbiasa dengan makanan rumahan dari kecil. Itu kenapa kadang walaupun lelah bunda berusaha buat camilan atau stok untuk mereka sangu ke playgroup. Alhamdulillah walaupun di awal tinggal di Indonesia Rayhan susah sekali beradaptasi, akhirnya dia jadi terbiasa dengan makanan disini. Walaupun bunda masaknya sangat2 simpel, tanpa banyak bumbu. Alhamdulillah Rayhan tetep bisa menikmati. Makanan kesukaannya saat ini adalah tempe dan sayur. Sayur apa saja, kadang kalo gak sempat dimasak, bunda cuma rebus dan kasih kuah rebusan saja Rayhan sudah mau makan.
Karena kesukaannya tempe bunda jadi lebih berusaha untuk berinovasi dengan tempe yang murah meriah ini.

Harapannya walaupun nanti bunda tambah sibuk, bunda tetep pengen bisa memasak untuk anak2. Kebiasaan kecil yang membuat mereka teringat masakan bunda (walau gak enak) he he....
Hanya bisa terus berdoa semoga Allah senantiasa memberikan kesabaran dan juga kekuatan kepada bunda untuk bisa membesarkan anak2 dengan penuh cinta. Mengajarkan mereka untuk mencintai Rabb-Nya. Mengajarkan mereka untuk mencintai bangsanya (walau mereka gak lahir disini).
Mencoba untuk menjaga mereka dari pengaruh buruk tv (makanya berusaha untuk gak tv mania).
Bismillah...semoga Allah memudahkan semuanya.



No comments:

Post a Comment