Monday, April 23, 2012

Bakso


Hari minggu kemarin mengerjakan pesanan siomay disambi buat bakso. Penasaran dengan resep yang satu ini. Habis selalu saja gagal alias baksonya keras atau rasa daging yang dominan. Baca2 di berbagai macam blog kok kayaknya pake daging semua dan hasilnya bagus. Tapi pas kita nyoba gagal, totally different sama yang diharapkan. Nyoba minggu kemarin hasilnya, totally failed, walaupun tetep dimakan juga. Rasa daging doang dan gak kenyal. Hiks..desperate…pengen bakso kirima mbak Ati kalo dah gini.

Akhirnya nemu di salah satu blog, tentang penambahan es batu dan juga takaran sagunya. Berhubung punya sisa ayam cincang untuk siomay dan emang beli daging cincang untuk buat rolade, akhirnya berinisiatif membuat takaran 1:1 untuk ayam cincang dan daging cincangnya. Kenapa pake daging cincang, males ngutak ngatik food processornya. Ribet dan juga dah ada Rayhan, ntar kelamaan di dapur lagi.
Karena males ngadonin pake tangan plus disambi buat siomay akhirnya memberdayakan bread maker. Berhubung kapasitas bread maker hanya 300-400 gram, maka dibuat 300 gr aja untuk total dagingnya.

Resepnya:
150 gr chicken mince
150 gr beef mince
3 kotak es batu (plus 2 kotak untuk tambahan)
80 gr katakuriko/sagu
Lada, garam, bawang putih secukupnya.

Caranya:
Timbang semua bahan dan masukkan dalam breadmaker. Pasang menu untuk buat pizza (waktu 45 menit), tapi jangan dikasih ragi ya!! Ketika menit ke 25, mesin berhenti dan putar ulang sampai kira2 3-4 kali. Di putaran ke 3 tambahkan lagi es batu 2 kotak. Dan 3 atau 4 kali, matikan mesin dan ambil adonan. Olesi tangan dengan minyak makan biar gak lengket dan mulai membentuk bulatan bakso dengan menggunakan jempol dan telunjuk. Masukkan ke air mendidih dan biarkan sampai mengapung. Jadi deh baksonya….

Ini mah cara sesat karena ngadonin pake bread maker. Tapi kalo pake tangan juga gak pernah berhasil, karena dah pegel duluan ngadoninnya. Pas pake breadmaker ini adonan bener2 halus dan homogeny (halah istilah opo kui..)
Inilah penampakan bakso ala DBR


Karena ga yakin sama resepnya, sampe ngadon dua kali untuk memastikan resepnya oke. Dan hasilnya emang oke. Ngadonin dua kali, semuanya enak dan kenyal. Dicemil gitu aja enak kok empuk, menul2 (lebay..)...

Kalo ga salah dulu pernah buat juga bakso daging dicampur ayam. Karena ngaduknya pake tangan, gak sekenyal yang ini. Rasanya cuma kayak daging direbus. So sejauh ini, resep dan metode ini lumayan cukup berhasil dan cukup mengurangi rasa kangenku terhadap bakso indo.



2 comments:

  1. wah,,diadon pake breadmaker ya mbak,,tricky nih,, cicip baksonya ah,,yummi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, karena pernah buat pake tangan gak berhasil. Tapi coba aja dengan resep yang sama diaduk pake tangan. Nanti aku dikasih tau hasilnya..

      Delete