Monday, March 12, 2012

Blackforest


Hari sabtu lalu punya janji dengan Bu Ade untuk ngajarin buat kue. Pengennya yang gampang dulu dan bahannya juga ga mahal. Akhirnya buat blackforest. Sebenernya mau buat minggu, tapi ternyata ayahnya harus jaga open kampus seharian. Jadi ga bisa kemana2, ga bisa ngelab juga. Ya udah hari sabtu aja deh bikin kuenya.
Entah kenapa pas ngocok whipped creamnya gak kaku2. He he dasar ga sabar kali ya. Akhirnya creamnya gak kaku2 banget deh jadinya. Harusnya untuk untuk satu BF ukuran 18 cm ini butuh 2 kotak whipped cream biar bisa untuk menghias juga. Cuma karena ga sempat belanja akhirnya satu kotak aja. Gak punya stok coklat batangannya juga. Cuma punya coklat meiji kecil2 sama 1 kaleng jeruk.
Wah Naima seneng banget kuenya dah jadi, colek2 nyicip whipped creamnya. Semoga Bu Ade dan Naima doyan sama kuenya.



Ini resepnya
Bahan:
4 telur
100 gr gula pasir
50 gr mentega
30 gr coklat bubuk
20 gr maizena
50 gr terigu
7 gr ovalet

Simple sirup:
50 gr gula pasir
50 ml air
Campur dan rebus sampai gula larut, dinginkan.

Penghias:
Jeruk kaleng
200 ml Whipped cream cair

Caranya: Kocok gula, ovalet dan telur sampai mengembang. Masukkan ayakan tepung dan coklat. Masukkan mentega dan aduk rata. Masukkan ke loyang bulat 18 cm. Oven selama 30 menit di suhu 160 derajat. Setelah dingin belah jadi 3 bagian. Siram dengan simple sirup. Olesi dengan cream dan beri potongan jeruk. Tutup dengan lapisan berikutnya. Lakukan sampai lapisan ketiga. Olesi semua permukaan dengan cream. Dan hias sesuai selera.

No comments:

Post a Comment