Monday, March 19, 2012

Strawberry cake

Musim semi adalah musim strawberry. Kebetulan ke gyomu supa beli strawberry. Tadinya kepengen buat strawberry creamy cupcake yang pernah diposting di milis NCC juga. Ternyata pas sampe rumah ada satu bahan yang kelupaan. Ya udah searching2 internet. Kebetulan dah lama juga pengen buat juga strawberry shortcake. Cuma kalo dilihat dari resep kebanyakan susah dan bahan gak ada. Akhirnya cari resep yang simpel dan bahannya ada di rumah. Dengan sedikit modifikasi dari website ini, akhirnya jadi deh Strawberry shortcake ini.

Bahan:
3 telur
1/2 sdt ovalet (di resep gak ada)
90 gr gula pasir
80 gr terigu
20 gr maizena
20 gr butter dicairkan
vanilla bubuk secukupnya
2 sdm fresh cream (gak pake)

Pelengkap:
200 ml whipped cream cair (dikocok dan diberi 2 sdm gula pasir)
simple sirup
1 pak strawberry (ga ngukur beratnya)

Caranya:
Kocok telur, gula dan ovalet sampe mengembang (kira2 8-10 menit) dengan speed tinggi. Kemudian turunkan kecepatan ke low speed dan kocok selama 1-2 menit (katanya sih untuk menghilangkan gelembung udaranya).
Masukkan terigu dan aduk dengan spatula sampai rata. Masukkan mentega dan terakhir vanila.
Masukkan bahan ke loyam bulat diameter 18 cm dan oven dengan suhu 160 derajat selama 35 menit. Dinginkan cake dan belah jadi 2. Beri simple sirup pada kedua permukaan cake.
Oleskan whipped cream pada cake (agak tebal) dan beri irisan strawberry. Tutup dengan cake dan olesi whipped cream lagi dipermukaan. Hias sesuai selera.

Rasanya sih enak cuma kurang lembut. Tapi habis juga dibagi2 sama tetangga yang kebetulan maen.
Ayah langsung habis 3 potong cake. Gubrak deh....






No comments:

Post a Comment