Tuesday, March 27, 2012

Siomay ala DBR

Hari senin kemarin lab sepi. Jadi makan siang di rumah. Pas makan siang kok tiba2 pengen banget makan siomay. Akhirnya defrost ikan sawara dan ayam. Blender, aduk2 dan kukus. Pake resepnya di blog Mbak Agnes cuma biasa dimodifikasi ala DBR sesuai dengan bahan yang ada.

Bahan:
500 gr ikan sawara
500 gr ayam boneless tanpa kulit
300-400 gr katakuriko/sagu
300 ml air

Bumbu:
5 siung bawang putih
1 sdt garam
Royco secukupnya

Bumbu kacang:
150 gr kacang tanah, goreng
500 ml air
10 cabe merah
2 siung bawang putih
garam
gula
kecap

Cara membuat:
Blender ikan, ayam dan bumbu bersama-sama dengan air sampai halus.
Campurkan katakuriko ke adonan ikan dan ayam. Jangan terlalu keras. Adonannya agak lembek dikit. Kukus kurang lebih 30 menit, divariasi dengan siomay kentang, kol dan tahu.

Bumbu kacang: Blender kacang, cabe dan bawang putih bersama sedikit air. Masak dengan sisa air. Harusnya sih cuma 300 ml air totalnya. Cuma terlalu kental jadi ditambah air lagi kira2 tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer. Tambahkan garam, gula dan kecap sedikit. Masak sampai berminyak.


Pas siang jadi sempat makan 3 biji siomay. Malamnya makan 2 porsi lengkap dengan tahu, kol, kentang dan telur untuk makan malam. Wah enak banget (karena lama gak makan siomay juga sih :D). Oh iya Bu Nunung dan Bu Riris juga order siomay ini. Sebenernya bikin juga karena dah lama diorder mereka, cuma sempat tertunda karena harus presentasi dan revisi report2 lab. Alhamdulillah mereka suka katanya. Ditunggu order berikutnya ya Ibu2 he he....

No comments:

Post a Comment