Wednesday, May 2, 2012

Dadar Gulung vla duo warna

Libur golden week ini, DBR tutup sementara. Karena pas libur ini banyak pengajian dan kebagian jatah masak. Daripada repot ya libur dulu deh. Dimulai dari Pengajian Osaka. Bunda masak dadar gulung vla, tahu goreng dan puding. Kalo puding standarlah puding jagung dan puding kacang merah.

Nah kalo vla ini pake resep Bu fatmah NCC. Cuma untuk adonan kulit diganti dengan susu.
Karena buatnya dadar baru pagi jam 6 padahal acara jam 13.00. Ini termasuk nekat juga sih ngerjain baru jam 6. Padahal harus berangkat dari rumah jam 11an biar ga telat sampai lokasi. Tapi ya yang namanya masak kan gak bisa ditebak. Walaupun sudah dibantu Bu Ade dan Dian, tetep aja dadar gulung memang paling lama dikerjain. Rayhan sudah resah dan gelisah pengen ikutan melantai di dapur.

Akhirnya ayah turun tangan ke dapur. Sementara bunda handle Rayhan, ayah buat dadarnya. Sugoi deh ayah, bunda ajarin cara buat kulit yang rada ribet, karena bunda pengen ada dua warna, langsung tanggep. Walaupun emang kulit dadar buatan ayah tebal2. Biar cepet selesai katanya. Pantas saja. Dadar gulung yang perkiraan bunda mencapai 200, cuma jadi sekitar 180an.
Nah ini dia penampakan dadar gulung buatan ayah.

Gimana ayah dah expert kan, bisa jadi asisten handal buat bunda kalo dah gini. Kebetulan sisa vlanya masih banyak banget. Jadi bunda manfaatkan untuk isi vla lagi. Dan kali ini bunda ngikutin resep pakemnya kulitnya pake santan, cuma karena bunda pake santan kaleng mungkin terlalu kental ya jadi bunda tambahkan 200-300 ml air karena kayaknya adonan jadi terlalu kental.

Bahan kulit:
250 gr terigu
2 butir telur
500 ml santan (bunda pake 1 kaleng santan plus 300-400 ml air)
garam
Pewarna merah dan hijau

Isi:
500 ml santan
3-4 sdm maizena
1 butir telur
1 kaleng nangka

caranya:
Campur semua bahan kulit dadar. Ambil satu gelas adonan dan beri pewarna merah. Sisanya beri pewarna hijau. Yang adonan warna merah masukkan plastik segitiga untuk memudahkan. Dan gunting ujungnya dikit aja. Pertama masukkan adonan warna merah dengan plastik segita, bentuk sesukanya. Dan masukkan 1 centong adonan warna hijau. Pokoknya sampai menutupi permukaan teflon (ukuran 18 cm). Angkat kalo sudah kira2 matang dan lakukan semua sampai adonan habis. Ini kira2 jadi 20-30 dadar.
Nah kalo yang ini dadar buatan bunda. Suka banget liat warnanya yang cantik (narsis deh). ayo ayo menerima pesanan berikutnya loh....

No comments:

Post a Comment